Tuesday, January 3, 2017

Rencana Bisnis TIK (Tugas Softskill)



Tugas Softskill Ke – 3
Rencana Bisnis
            Rencana bisnis adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.
            Peluang bisnis sangat terbuka lebar terutama di bidang yang sedang tren sekarng ini yaitu di bidang IT atau TIK, bisnis yang dilakukan disini maksudnya bukan hanya menjual peralatan yang berkaitan dengan IT ataupun TIK namun cara pemasaran dan transaksinya yang melalui perantara seperti internet dan sebagainya atau sering disebut online.
            Teknologi digital memang tidak akan habis dibahas dalam satu artikel ini saja. Teknologi digital ini sangat luas cakupannya dan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, untuk membantu pekerjaan supaya menjadi lebih ringkas. Termasuk dalam bidang bisnis.
            Teknologi digital erat kaitannya dengan internet dan pemanfaatannya yang luas. Bagi Anda yang memiliki jiwa enterpreneur, banyak celah bisnis yang menjanjikan dalam bidang digital. Sudah pasti, jika Anda jeli mencari ide peluang usaha dan bekerja cukup keras, Anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak.
            Bisnis di bidang ini diprediksi akan semakin tumbuh dan berkembang lebih besar lagi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Sudah ribuan orang yang meraih kesuksesan dalam bisnis digital. Mark Zuckerberg misalnya, yang sukses dengan raksasa media sosial Facebook miliknya. Facebook yang berawal dari ide sederhana namun kini jutaan orang di dunia menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Sedangkan contoh dalam negeri yang sedang ramai saat ini adalah Go-Jek, misalnya. Aplikasi digital berbasis delivery service ini bahkan membuat sopir Go-Jeknya saja meraup untung 4-6 juta/bulan. Itu karena para pendirinya menuangkan ide peluang usaha menjadi karya yang luar biasa.
            Jadi rencana bisnis apa yang akan saya lakukan ? saya akan membuat bisnis mengenai makanan yang kemudian dipasarkan melalui jejaring online, media sosial dan berbagai applikasi. Jenis makanan yang akan dipasarkan sendiri berupa snack snack ringan dan juga snack yang diimport dari jepang dimana itu merupakan kegemaran anak muda saat ini.
Jadi bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut ? disini saya akan mencoba menjelaskan modal apa saja yang diperlukan, modal berupa barang yaitu :
1. produk / snack : tentu ini adalah modal utamanya karena ini merupakan barang yang akan dijual.
2. PC : atau personal computer disini untuk melakukan pemasaran yang dilakukan oleh administrator melalui website , media sosial dan sebagainya.
3. ISP / Internet : digunakan untuk pelayanan, menggunakan internet berupa wifi
4. Gadged / HP : disini berupa sebagai kontak yang bisa dihubungi, untuk melayani order dari pelanggan.
Komentar saya mengenai rencana bisnis ini, bisnis ini memiliki prospek yang cerah karena menurut saya bisnis dan peluang usaha yang saya lakukan saat ini memiliki prospek yang bagus, karena dari hasilnya pun menjanjikan. Kedepannya saya ingin apa yang saya lakukan ini bisa berkembang dengan pesat tidak hanya dari sektor jasa tetapi saya ingin memiliki produk sendiri yang dapat dijual ke masyarakat Indonesia sehingga bisa membantu masyarakat indonesia.

0 comments:

Post a Comment