Tuesday, October 11, 2016

Pengalaman Membuat Penulisan Ilmiah


          Pada bagian ini saya akan membahas tentang penulisan ilmiah yang saya buat pada semester 6 kemarin, jadi penulisan ilmiah yang saya buat adalah tentang membuat latihan yoga mandiri berbasis website.
          Saya tertarik dengan topik olahraga terutama yoga karena kesahatan merupakan hal terpenting bagi manusia, dan saya ingi membuat aplikasi yang dapat mempermudah melakukan latihan yoga bagi pengguna, maka dari itu saya membuat latihan yoga berbasis website ini.
        Yoga adalah salah satu olahraga untuk melatih pernafasan dan kelenturan tubuh, sebenarnya olahraga yoga merupakan latihan yang dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan efisien waktu namun untuk mendapatkan panduan latihanya kita harus memiliki referensi seperti mengikuti klub yoga namun kendalanya adalah biaya dan juga kita harus datang ke tempat klub tersebut, kemudian dengan membaca buku panduan yoga kendalanya adalah kurangnya visualisasi pada setiap gerakanya, bisa juga melalui acara televisi namun kendalanya adalah waktu tayang acara tersebut, alternatif untuk mendapat panduan latihan yoga adalah melalui website.
          Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun website informasi dan latihan yoga. Melalui website ini diharapkan pengguna mendapat kemudahan dalam mencari informasi yang terkait dengan latihan yoga melalui artikel-artikel dan video yang terdapat pada website tersebut.
Tahapan penelitian :
1.            Studi Pustaka
          Dalam penulisan ini, untuk mempeoleh data dan informasi secara lengkap dan tepat penulis melakukan pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan website yang akan dibuat. Informasi tersebut didapat dari berbagai sumber diantaranya buku, artikel, internet dan referensi lain yang berkaitan dengan pemrograman web opensource PHP, MySQL untuk sistem database dan yog sebagai tema dari website ini.

2.            Observasi dan Pengumpulan data
          Dalam membuat dan  menyusun penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode observasi yaitu dengan mencari informasi dan mengumpulkan data melalui buku, artikel, internet, video, website tentang, tempat latihan yoga dan referensi lain.

3.            Perancangan
a.    Perancangan Navigasi
Struktur navigasi website digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh situs website dan menggambarkan bagaimana hubungan antara keseluruhan isi tersebut. Sebelum menyusun struktur navigasi website yang perlu dilakukan pertama adalah mengumpulkan seluruh isi yang ada dalam website.
Melalui struktur navigasi website ini, terlihat bagaimana isi dan susunan dari sebuah website secara menyeluruh.
b.    Perancangan Tampilan
Sebelum membuat website, penulis membuat sebuah rancangan tampilan yaitu rancangan tampilan untuk admin dan untuk user. Rancangan tampilan untuk admin terdiri dari Dashboard, Kelola user dan Tambah artikel, sedangkan pada tampilan user terdapat Home, About Us, Article, Pelajari Selengkapnya, Login, Sign Up, Profile dan Logout.
c.    Perancangan Database
Database yang digunakan pada website Informasi dan  Latihan Yoga YOGADIARY  menggunakan MySQL, pembuatan database dilakukan dalam XAMPP. XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak yang mengekstrak dan menginstal apache (webserver), PHP (bahasa pemrograman) dan MySQL (database). XAMPP secara default memiliki folder untuk mengupload file website kita pada folder htdocs dan menyimpan file MySQL pada folder data, agar website dan phpmyadmin dapat dicompile kita pelu mengaktifkan webserver karena PHP dan MySQL merupakan bahasa pemrograman dan database server side. Webserver yang digunakan adalah apache yang telah diinstal pada saat instalasi XAMPP. Untuk memulai membuat database MySQL untuk membuat database bukalah http://localhost/phpmyadmin

4.            Pembuatan Website
          Dalam membuat website ini, penulis menggunakan notepad++ sebagai teks editor. Notepad++ adalah teks editor (software penyunting kode) yang mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, XML, Java, JSP, JavaScript, Perl Pascal, dan lainnya yang dapat bekerja pada Sistem Operasi Windows.

5.            Uji Coba dan Implementasi
          Uji Coba digunakan untuk melihat fitur atau fungsi yang sudah dibuat dan respon dari pengguna.

Hasil uji coba yang telah dilakukan melalui kuisioner / survey :
Aspek Uji Coba
Nilai


Tampilan
Tipografi
3.6


3.45



3.55
Tata Letak
3.5
Komposisi Warna
3.4
Gambar / Video
3.3

Informasi
Kelengkapan Informasi
3.6

3.55
Update Informasi
3.55

        Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai akhir sangat baik (3.55 dalam rentan 1-4), untuk tampilan aspek yang mendapat nilai terbaik adalah Tipografi yaitu sangat baik (3.6 dalam rentan 1-4) dan informasi aspek yang mendapat nilai terbaik adalah Kelengkapan Informasi yaitu sanngat baik (3.6 dalam rentan 1-4).
Kesimpulan :
        saya telah berhasil membangun website dengan menggunakan PHP, MySQL dan framework Codeigniter, website ini memiliki fitur-fitur seperti Beranda, Tentang Kami, Artikel, Baca Artikel, Login, Sign Up, Profil, Paket Latihan, Preview Latihan, Halaman Latihan dan Diary latihan.
      
        Fitur-fitur diatas telah melalui uji coba fungsi dan hasilnya adalah semua fiturnya berhasil berjalan dengan baik, kemudian melalui uji coba pengguna kepada 20 orang melalui tampilan yaitu aspek tipografi, tata letak, komposisi warna, gambar/video dengan nilai rata-rata 3.45 dari 4 berpredikat sangat baik dan aspek informasi yaitu kelengkapan dan update informasi dengan nilai rata-rata 3.57 dari 4 berpredikat sangat baik. Nilai keseluruhan dari uji coba pengguna adalah  3,5 dari 4 dengan predikat sangat baik. Website telah di hosting pada alamat www.Yogadiary.esy.es  




0 comments:

Post a Comment