Monday, October 10, 2016

Tugas Pengantar Bisnis Informatika :

Mengenai definisi umum bisnis, TIK dan bisnis informatika, serta membahas tentang penulisan ilmiah

Nama  : Galih Ramdhani
NPM  : 53413628
Kelas  : 4IA12



Definisi umum Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika

1.   Bisnis
          Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
          Jadi bisnis bisa diartikan menjadi suatu kesibukan atau  aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
          Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
          Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung cakupannya
·         Penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.
·         Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.”
·         Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.


2.    TIK
          TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris 'Information and Communication Technologies', jika di singkat 'ICT' dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi.
          Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya

3.   Bisnis Informatika
          bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. 
Bisnis & Informatika. Memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
          Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyaklagi.Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

·         Produk
Hardware/Perangkatkeras adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkatkeras. Software / Perangkat Lunak
adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

·          Jasa
• Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )
• E-commerce ( jual-beli online )
• Infrastruktur Komputer
• IT consultant



4. Jenis Bisnis Informatika
          jenis bisnis informatika yang saya pilih sebagai contoh adalah E-commerce yaitu situs amazon.com, apa itu amazon.com? Amazon merupakan salah satu perusahaan terbesar di internet yang menjual produk digital secara online.  produk-produk yang dijual memang bukan diproduksi oleh amazon, tetapi amazon bertindak sebagai distributor daripada produk-produk tersebut.
Yang membuat banyak orang didunia ini memilih amazon.com karena harga produk yang ditawarkan lebih murah daripada harga produk yang ditawarkan oleh toko konvensional. Inilah yang membuat amazon lebih unggul daripada tokokonvensional.
          Saat ini, produk yang ditawarkan oleh amazon.com itu bermacam-macam. Mulai dari buku, MP3, Kindle, Games, Software, Electronik, Home and Garden, assesoris sport sampai sandal pun dijualnya, dan masih banyak lagi. Kalau anda ingin melihat suatu produk, tinggal pilih “search” saja.

Cara membeli dari amazon.com :

          1. Kunjungi Amazon. Untuk memesan di Amazon, Anda perlu membuat akun. Akun Anda akan menyimpan informasi pengiriman dan penagihan, dan memungkinkan Anda untuk memesan dengan cepat. Anda tidak perlu langsung membuat akun, namun akan lebih mudah jika Anda melakukannya lebih awal.

          2. Mulailah proses pembuatan akun. Arahkan kursor ke "Your Account" di bagian kiri bilah pencarian Amazon, dan klik tautan "New customer? Start here". Tautan tersebut akan membuka laman registrasi.

          3. Isilah formulir pendaftaran. Anda harus memasukkan nama, alamat email, dan kata sandi. Anda juga bisa memasukkan nomor telepon, namun hal tersebut tidak diharuskan. Setelah Anda mengisi formulir, Anda akan dibawa kembali ke laman depan Amazon dengan akun baru Anda.
          4. Masukkan alamat pengiriman Anda. Meskipun Anda kini bisa menjelajahi toko dan memasukkan barang ke keranjang belanja, namun proses belanja akan lebih cepat jika Anda sudah memasukkan alamat pengiriman sebelum mulai berbelanja.
·         Arahkan mouse ke "Your Account", dan klik tautan "Your Account" di bagian atas menu.
·         Di bagian Settings, di bawah Address Book, klik "Add New Address".
·         Masukkan detil alamat Anda pada formulir yang tersedia. Anda juga bisa memilih lokasi Amazon Locker terdekat jika Anda ingin mengambil sendiri paket di sana.
·        Anda bisa memasukkan nama dan alamat orang lain jika Anda ingin mengirimkan paket Anda pada orang tersebut.
·         Klik "Save and Continue" setelah selesai.
·          
          5. Masukkan informasi pembayaran. Setelah Anda memasukkan alamat pengiriman, Anda bisa memasukkan informasi pembayaran sehingga proses belanja hanya memerlukan beberapa klik saja. Anda juga bisa memasukkan Amazon Gift Card ke akun Anda, sehingga pembelian Anda akan ditagihkan pada saldo Gift Card terlebih dulu.
  • Arahkan mouse ke "Your Account", dan klik tautan "Your Account" di bagian atas menu.
  • Klik tautan "Manage Payment Options" di bagian Payment.
  • Klik tombol "Add a payment method".
  • Pilih metode pembayaran yang akan Anda tambahkan. Anda bisa memasukkan rekening bank, kartu kredit, kartu debit, dan saldo dari Gift Card.
  • Masukkan informasi yang diperlukan. Jika Anda memasukkan kartu kredit atau debit, Anda akan diminta memasukkan nomor kartu, nama pada kartu, tanggal kadaluarsa, kode keamanan, dan alamat penagihan. Jika Anda memasukkan rekening bank, Anda akan diminta memasukkan nama pada rekening, nomor routing, nomor rekening, dan nomor SIM. Jika Anda menggunakan Gift Card, masukkan kode yang ada di belakang kartu.

5. Perkembangan Bisnis Informatka di Indonesia.
          Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.
          Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuh kan hardware yang berukuran sangat besar,tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database,internet,game online,jual beli online,situs jejaring sosial dan lain lain.
          Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
          Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor tersebut. cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking ( sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.
          Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

1. Produk
· Hardware / Perangkat Keras
  Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
· Software / Perangkat Lunak
  Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

2. Jasa
·  Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )
          Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).



·  E-commerce ( jual-beli online )
          E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
· Infrastruktur Komputer
          Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
· IT consultant
          menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

Sumber : http://gyan-bejo.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html

Tentang Penulisan Ilmiah
          Pada bagian ini saya akan membahas tentang penulisan ilmiah yang saya buat pada semester 6 kemarin, jadi penulisan ilmiah yang saya buat adalah tentang membuat latihan yoga mandiri berbasis website.
                  
          Yoga adalah salah satu olahraga untuk melatih pernafasan dan kelenturan tubuh, sebenarnya olahraga yoga merupakan latihan yang dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan efisien waktu namun untuk mendapatkan panduan latihanya kita harus memiliki referensi seperti mengikuti klub yoga namun kendalanya adalah biaya dan juga kita harus datang ke tempat klub tersebut, kemudian dengan membaca buku panduan yoga kendalanya adalah kurangnya visualisasi pada setiap gerakanya, bisa juga melalui acara televisi namun kendalanya adalah waktu tayang acara tersebut, alternatif untuk mendapat panduan latihan yoga adalah melalui website.

          Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun website informasi dan latihan yoga. Melalui website ini diharapkan pengguna mendapat kemudahan dalam mencari informasi yang terkait dengan latihan yoga melalui artikel-artikel dan video yang terdapat pada website tersebut.
Tahapan penelitian :
Hasil uji coba yang telah dilakukan melalui kuisioner / survey :
Aspek Uji Coba
Nilai


Tampilan
Tipografi
3.6


3.45



3.55
Tata Letak
3.5
Komposisi Warna
3.4
Gambar / Video
3.3

Informasi
Kelengkapan Informasi
3.6

3.55
Update Informasi
3.55

        Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai akhir sangat baik (3.55 dalam rentan 1-4), untuk tampilan aspek yang mendapat nilai terbaik adalah Tipografi yaitu sangat baik (3.6 dalam rentan 1-4) dan informasi aspek yang mendapat nilai terbaik adalah Kelengkapan Informasi yaitu sanngat baik (3.6 dalam rentan 1-4).
Kesimpulan :
        Penulis telah berhasil membangun website dengan menggunakan PHP, MySQL dan framework Codeigniter, website ini memiliki fitur-fitur seperti Beranda, Tentang Kami, Artikel, Baca Artikel, Login, Sign Up, Profil, Paket Latihan, Preview Latihan, Halaman Latihan dan Diary latihan.
        Fitur-fitur diatas telah melalui uji coba fungsi dan hasilnya adalah semua fiturnya berhasil berjalan dengan baik, kemudian melalui uji coba pengguna kepada 20 orang melalui tampilan yaitu aspek tipografi, tata letak, komposisi warna, gambar/video dengan nilai rata-rata 3.45 dari 4 berpredikat sangat baik dan aspek informasi yaitu kelengkapan dan update informasi dengan nilai rata-rata 3.57 dari 4 berpredikat sangat baik. Nilai keseluruhan dari uji coba pengguna adalah  3,5 dari 4 dengan predikat sangat baik. Website telah di hosting pada alamat www.Yogadiary.esy.es  

tugas ini telah saya upload pada studentsite

0 comments:

Post a Comment