Wednesday, January 22, 2014

Softskill 1

TIMOR LESTE

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang sosial dan budaya di Timor Leste


Arti kata


Republik Demokratik Timor Leste, sebelum merdeka bernama Timor Timur adalah sebuah negara kecil di 
sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor.
Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. 
Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, Timor Leste adalah nama yang diberikan oleh bangsa portugis 

Kesenian dan Budaya


1. Seni Tari
Di Distrik Dili terdapat beberapa tarian daerah yang mempesona. Tarian-tarian tersebut antara lain: Tari Lorsa, Tari Simu Surik, Tari Boot, Tari Likurai, Tari Tebe-Tebe, dan Tari Folklore. Tari Likurai lebih popular sampai ditingkat nasional, tarian ini dilakukan untuk menyambut para prajurit yang baru pulang dari medan pertempuran dan juga untuk menyambut Tamu Agung yang datang.

2. Seni Sastra
Seni sastra yang berkembang didalam Masyarakat Dili dan Timor Leste umumnya dan masih dilestarikan sampai sekarang adalah kanunuk (seperti pantun ), Dadolik ( Puisi ), Aknanoik ( Cerita ), Baitoa ( Nyanyian ). Jenis-jenis ini adalah sastra lisan yang dituturkan oleh seorang Makoa pada acara adat tertentu. 

3. Seni Kerajinan dan Industri kecil
contoh kerajinan timor leste seperti: Gerabah, Marmer, Keramik, Kerajinan anyaman dari tari agel, aneka kerajinan dari daun pandan dan lontar, tenun ikat yang hasilnya disebut kain "Tais", aneka ukiran dari kayu dan lainnya.

4. Seni Musik (suara)
Bentuk seni musik yang paling kuno di distrik Dili adalah Maloi dan kore-metan. Maloi adalah nama suatu jenis nyanyian, yang diiring dengan alat musik Lakadou (alat musik yang di buat dari bambu). Dapat juga di iringi dengan alat musik kakeit(alat musik dari logam/bambu) yang dimainkan dengan mulut dan jari.
Yang terkenal hingga sekarang adalah "kore-metan". Sebenarnya "kore-metan" adalah nama upacara adat yang menandai selesainya masa berkabung bagi suatu keluarga selama 1 tahun sebagai masa berkabung karena salah seorang anggota keluarga dekat meninggal. "Kore" berarti melepaskan, "Metan" berarti hitam. Jadi "kore-metan" adalah upacara melepaskan kain hitam yang dipakai oleh sekelompok keluarga. Musik ini mula-mula adalah musik upacara adat dalam melepaskan kain hitam. Adalah suatu kepercayaan yang turun-temurun berlaku tidak hanya di Dili saja tetapi diseluruh Timor Leste bahwa apabila seseorang meninggal dunia, maka jiwanya belum dapat berpindah ke alam lain sebelum diadakan upacara pelepasan oleh keluarganya. Musik ini diiringi oleh alat musik seperti : biola, gitar, okolele, babadok bandolin dan tambur.

5. Permainan Rakyat
Permainan rakyat masyarakat Dili pada umumnya menyukai kuru-kuru (permainan dadu) dan sabung ayam adalah permainan tradisi dari zaman Nenek Moyang dulu sampai sekarang. Permainan ini dapat di jumpai di setiap desa, maupun kecamatan

Agama 

Di Timor Leste penduduknya mayoritas beragama non muslim dan minoritas beragama muslim, persentasenya sebagai berikut:
katolik 90%,
protestan 5%
islam 3%
budha dan hindu 2% *kurang lebih

Bahasa

Bahasa yang di pakai di Timor Leste adalah bahasa portugis dan bahasa tetun, dua bahasa itu sering dipakai bersamaan sehingga disebut bahasa tetun dili

galih ramdhani
53413628
1IA03

source: http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Tetun 
              http://florianuslado.blogspot.com/2013/06/budaya-dan-seni-timor-leste.html

1 comment: