Wednesday, November 19, 2014

5 CONTOH NEW MEDIA

1. Instagram

Sejak pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010, aplikasi ini telah mendapatkan sambutan yang begitu luas dari para pengguna iOS, hingga akhirnya tim developer memutuskan untuk mengekspansi Android dan bergabung dengan situs sosial media Facebook. Instagram tak bisa dipungkiri lagi telah menjadi salah satu aplikasi photo-editing dan photo-sharing terpopuler saat ini.


Kelebihan :



- Memperindah foto kita

- bisa menshare video
- memasarkan produk atau berjualan online



Kekurangan :

- Video yang kita upload hanya berdurasi kurang lebih 15 detik
- Karena berbasis smartphone, foto-foto yang dipajang di Instagram berukuran kecil dan sering tidak terlihat jelas.
- Instagram juga mengembangkan InstaMessage, fitur chat antar pengguna Instagram.


2. Path

Path diluncurkan pada awal bulan November 2010 dan sejak itu juga path mampu menghasilkan jutaan user. aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua pengalaman mereka. Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.

Kelebihan :


-Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.

-   Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
-  Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
-  Memiliki fitur chat
-  Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita


Kekurangan :

- Path hanya membatasi 150 teman


3. Youtube

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri
Kelebihannya :


- bisa melihat dan mengupload video yang kita suka

- sebagai ajang promosi diri
- bisa mendownload setiap video
- bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
- ukurannya ada yang HD, bisa di download videonya banyak

Kekurangannya :
- bisa disalahgunakan penggunanya
- banyak informasi yang menyesatkan
- banyak negara yang memblok Youtube
- Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
- gambarnya tersendat sendat
- banyak video dengan kualitas buruk
- tidak cocok untuk slow conection


4. Facebook

Dimulai dari kemunculannya tahun 2006 yang mampu menggeser dominasi friendster, sedikit demi sedikit, facebook mulai membangun kekuatannya menjadi social media yang paling populer. Hingga saat ini,  keberadaan facebook sebagai social media terpopuler nampaknya masih sulit untuk digoyahkan.

Kelebihan:
 -Menggunakan facebook sangat mudah.
-Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
-Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
-Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
-Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.

Kekurangan:
-Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
-Layout yang tidak bisa diganti.
-Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.


5. Twitter 
Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling populer di dunia. 

Kelebihan:

-Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
-Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
-Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
-Dapat memasarkan produk secara geratis.


Kekurangan: 
-setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja. 
-banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain. 
-Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook. 
-Ukuran avatar (foto profil) kecil.




sumber : http://suckrockers.blogspot.com/2013/12/sosial-media-beserta-kelebihan-dan.html

0 comments:

Post a Comment