Definisi dari New Media :
New Media adalah istilah yang luas yang
muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media
tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan
kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer
memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media
Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna
yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di
sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media
tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan
dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif dengan konsumen
media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir
dengan kegembiraan secara real time.
PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA |
Pandangan terhadap New Media :
New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan
globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui
komponen new media. Youttube, Facebook, Wikipedia menjadi suatu kebutuhan
keseharian kita. Dan media - media ini sangatlah berpengaruh dalam dunia nyata,
tidak hanya dunia maya. Kemunculannya
memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia dan secara langsung telah
merubah pola kehidupan manusia, dimulai dari pola kehidupan masyarakat, budaya,
cara berfikir, dan hampir sampai ke segala aspek dalam kehidupan manusia
sendiri.
Namun sejalan dalam perkembangannya, New Media juga memberikan dampak negatif,
seperti dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah
serta memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya
perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang
memanfaatkannya.
Manfaat dari New Media :
Penggunaan
new media di zaman sekarang ini sangatlah dibutuhkan. Dari berbagai
macam profesi dan kalangan, new media sangat berperan dalam menyampaikan
informasi secara cepat. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa suatu hal
yang positif pasti memiliki sisi negatifnya juga. Nah berikut ini saya
akan berbagi sedikit tentang manfaat dan kerugian dari penerapan new
media tersebut.
MANFAAT :
- Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
- Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
- Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
- Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.
Itulah beberapa manfaat yang dapat
saya uraikan, mungkin dalam uraian tersebut masih banyak manfaat yang belum
saya sebutkan. Iya itu dikarenakan begitu banyak manfaat yang kita dapat dari
new media. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut kita perlu mengingat kembali
bahwa disisi lain new media disertai dengan dampak negatif, maka dari
itu sekali lagi saya ingin menghimbau, bagi seluruh pengguna new media yang
konsumtif, perlu lah mengerti apa fungsi
dari new media itu sebenarnya, jadi sudah seharusnya perkembangan ini diikuti
juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Komponen Dan Karakteristik New Media :
Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat,
penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik
dari New Media antara lain :
1. Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi
lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan
ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya
dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah
dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2. Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita
kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer
saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi
pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut
terjadi antara manusia dan komputer.
3. Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses
teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link
didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang
berbeda.
4. Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan
konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati
menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom).
Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi
(individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5. Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi
kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur
presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia
maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru
yakni budaya virtual.
Contoh aplikasi New Media :
1. Jejaring Sosial
contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
2. Online Shop
produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
3. Informasi/Pendidikan
untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
- Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita
- CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
- Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.
REFERENSI :
http://vanillabluse.blogspot.com/
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
http://vanillabluse.blogspot.com/
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
0 comments:
Post a Comment