Tuesday, October 7, 2014

DEFINISI NEW MEDIA




Definisi dari New Media :
                New Media adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time.

PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA
Pandangan terhadap New Media :
             New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen new media. Youttube, Facebook, Wikipedia menjadi suatu kebutuhan keseharian kita. Dan media - media ini sangatlah berpengaruh dalam dunia nyata, tidak hanya dunia maya. Kemunculannya memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia dan secara langsung telah merubah pola kehidupan manusia, dimulai dari pola kehidupan masyarakat, budaya, cara berfikir, dan hampir sampai ke segala aspek dalam kehidupan manusia sendiri. Namun sejalan dalam perkembangannya, New Media juga memberikan dampak negatif, seperti dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah serta memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat dari New Media :
Penggunaan new media di zaman sekarang ini sangatlah dibutuhkan. Dari berbagai macam profesi dan kalangan, new media sangat berperan dalam menyampaikan informasi secara cepat. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa suatu hal yang positif pasti memiliki sisi negatifnya juga. Nah berikut ini saya akan berbagi sedikit tentang manfaat dan kerugian dari penerapan new media tersebut. 

MANFAAT :
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir. 
Itulah beberapa manfaat yang dapat saya uraikan, mungkin dalam uraian tersebut masih banyak manfaat yang belum saya sebutkan. Iya itu dikarenakan begitu banyak manfaat yang kita dapat dari new media. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut kita perlu mengingat kembali bahwa disisi lain new media disertai dengan dampak negatif, maka dari itu sekali lagi saya ingin menghimbau, bagi seluruh pengguna new media yang konsumtif, perlu lah mengerti apa fungsi dari new media itu sebenarnya, jadi sudah seharusnya perkembangan ini diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.


Komponen Dan Karakteristik New Media :
             Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik dari New Media antara lain : 
1.   Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2.  Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3.   Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4.   Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5.  Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.
  

Contoh aplikasi New Media :

1. Jejaring Sosial
contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
    
      2. Online Shop
produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
    
      3. Informasi/Pendidikan
untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.


       Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:

  • Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita
  • CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.

  • Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.

  • Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.

  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.

REFERENSI :
http://vanillabluse.blogspot.com/
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html


0 comments:

Post a Comment