Tuesday, June 23, 2015



Menganalisa WEB
Kali ini saya akan memberikan analisa tentang beberapa web, yaitu web pemerintahan, web pendidikan dan web media social


1.    Jakarta.go.id (Web Pemerintah)
Jakarta.go.id merupakan website pemerintahan yang bertugas untuk melakukan pelayanan online terhadap masyarakat kota Jakarta serta semua data tentang kota Jakarta dan perangkatnya  
Visi :

Jakarta Baru, kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dan dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik



Misi :

1.    Mewujudkan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan rencana Tata  Ruang Wilayah.
2.    Menjadikan Jakarta sebagai kota yang bebas dari masalah-masalah menahun seperti macet, banjir, pemukiman kumuh, sampah dan lain-lain.
3.    Menjamin ketersediaan hunian dan ruang publik yang layak serta terjangkau bagi warga kota dan ketersediaan pelayanan kesehatan yang gratis sampai rawat inap dan pendidikan yang berkualitas secara gratis selama 12 tahun untuk warga Jakarta.
4.    Membangun budaya masyarakat perkotaan yang toleran, tetapi juga sekaligus memiliki kesadaran dalam memelihara kota.
5.    Membangun pemerintahan yang bersih dan transparan serta berorientasi pada pelayanan publik.

Beberapa data kuantitatif

Alexa.com

Webarchieve

GTmetrix

Google 


Beberapa data kualitatif
1.    Jakarta.go.id memiliki interface yang baik
2.    Terdapat fitur fitur interaktif
3.    Terdapat beberapa pilihan bahasa




2.    Duniabelajar.web.id (Web pendidikan)
Duniabelajar.web.id merupakan web yang berisi ilmu ilmu tentang dunia matematika, perangkat mengajar guru, software, tips dan trik mengenai computer serta keislaman
Beberapa data kuantitatif

Alexa.com

Webarchieve

Web page test

Google


Beberapa data kualitatif
1.    Website ini terdapat fitur untuk pencarian arsip arsip
2.    Terdapat “popular post” yaitu fitur untuk memunculkan postingan yang paling sering diulas




3. Tumblr.com (Web media sosial)
Tumblr.com sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.
Per 19 Mei 2013, Tumblr memiliki 108 juta pengguna.[2] Kantor pusatnya terletak di 35 East 21st Street lantai 6 di Flatiron District, Silicon Alley, New York City.
Tanggal 21 Mei 2013, Tumblr diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai $1,1 miliar.
Beberapa data kuantitatif

Alexa.com

Webpagetest

Webarchieve

Gtmetrix


Beberapa data kualitatif
1.    Perbandingan Tumblr terletak pada kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel control yang memiliki tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat)
2. Cara memposting cukup mudah. Setiap kali pengguna melihat sesuatu yang menarik     secara online, pengguna dapat mengklik dengan cepat “Share on Tumblr
3. para pengguna tumblr dapat menjelajahi account tumblr milik pengguna lain yang berbeda daerah asal bahkan berbeda negara sekalipun melalui Tumblr negara asal yang pengguna miliki.



0 comments:

Post a Comment