Menganalisa WEB
Kali ini saya akan memberikan analisa tentang beberapa
web, yaitu web pemerintahan, web pendidikan dan web media social
1. Jakarta.go.id
(Web Pemerintah)
Jakarta.go.id merupakan website pemerintahan
yang bertugas untuk melakukan pelayanan online terhadap masyarakat kota Jakarta
serta semua data tentang kota Jakarta dan perangkatnya
Visi :Jakarta Baru, kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dan dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik
Misi :
1.
Mewujudkan
Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan rencana
Tata Ruang Wilayah.
2.
Menjadikan
Jakarta sebagai kota yang bebas dari masalah-masalah menahun seperti macet,
banjir, pemukiman kumuh, sampah dan lain-lain.
3.
Menjamin
ketersediaan hunian dan ruang publik yang layak serta terjangkau bagi warga
kota dan ketersediaan pelayanan kesehatan yang gratis sampai rawat inap dan
pendidikan yang berkualitas secara gratis selama 12 tahun untuk warga Jakarta.
4.
Membangun
budaya masyarakat perkotaan yang toleran, tetapi juga sekaligus memiliki
kesadaran dalam memelihara kota.
5.
Membangun
pemerintahan yang bersih dan transparan serta berorientasi pada pelayanan
publik.
Beberapa
data kuantitatif
Alexa.com
Webarchieve
GTmetrix
Google
Beberapa
data kualitatif
1. Jakarta.go.id memiliki interface yang
baik
2. Terdapat fitur fitur interaktif
3. Terdapat beberapa pilihan bahasa
2. Duniabelajar.web.id (Web pendidikan)
Duniabelajar.web.id
merupakan web yang berisi ilmu ilmu tentang dunia matematika, perangkat
mengajar guru, software, tips dan trik mengenai computer serta keislaman
Beberapa
data kuantitatif
Alexa.com
Webarchieve
Web
page test
Google
Beberapa
data kualitatif
1. Website ini terdapat fitur untuk
pencarian arsip arsip
2. Terdapat “popular post” yaitu fitur
untuk memunculkan postingan yang paling sering diulas
3.
Tumblr.com (Web media sosial)
Tumblr.com
sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial
yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna
mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog
pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog
sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di
sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang
diikuti.
Per
19 Mei 2013, Tumblr memiliki 108 juta pengguna.[2] Kantor pusatnya terletak di 35
East 21st Street lantai 6 di Flatiron District, Silicon Alley, New York City.
Tanggal
21 Mei 2013, Tumblr diakuisisi oleh Yahoo
dengan nilai $1,1 miliar.
Beberapa
data kuantitatif
Alexa.com
Webpagetest
Webarchieve
Gtmetrix
Beberapa
data kualitatif
1. Perbandingan Tumblr terletak pada
kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel control yang memiliki
tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan
chat)
2.
Cara memposting cukup mudah.
Setiap kali pengguna melihat sesuatu yang menarik secara online, pengguna dapat mengklik
dengan cepat “Share on Tumblr
3.
para pengguna tumblr dapat menjelajahi account tumblr milik pengguna lain yang
berbeda daerah asal bahkan berbeda negara sekalipun melalui Tumblr negara asal
yang pengguna miliki.
0 comments:
Post a Comment